Skip to main content

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI UNTUK PRODUKSI DAN GUDANG (STUDI KASUS: KOPERASI KASONGAN USAHA BERSAMA BANTUL YOGYAKARTA)


LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI UNTUK PRODUKSI DAN  GUDANG (STUDI KASUS: KOPERASI KASONGAN USAHA BERSAMA BANTUL YOGYAKARTA) 




DISUSUN OLEH :
YANU PUGUH PAMUNGKAS
NIM : 14240002

PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
2018

PROPOSAL PRAKTEK KERJA LAPANGAN


RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI UNTUK
 PRODUKSI DAN  GUDANG  (STUDI KASUS: KOPERASI KASONGAN USAHA BERSAMA BANTUL YOGYAKARTA)












DISUSUN OLEH :
YANU PUGUH PAMUNGKAS
NIM : 14240002

Disetujui Oleh :

Ketua Prodi Manajemen Informatika






ZAIDIR, S.T., M.Cs                                       Tanggal :   Oktober 2017





BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Di era perkembangan teknologi kebutuhan petukaran informasi yang cepat menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Pengaruh positif yang dirasakan dalam pengolahan data dan penyajian informasi secara komputerisasi adalah menghasilkan data yang terorganisasi dan terstruktur, sehingga unit usaha kerajinan membutuhkan sebuah sistem yang berguna untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi.
            UD. Koperasi Hukum merupakan salah satu unit usaha bersama yang bergerak di bidang pembuatan produk kerajinan bambu. UD. Koperasi Hukum tersebut selain membuat, mengelola barang produksi dan barang jadi juga mendistribusikan barang jadi tersebut ke pelanggan yang berada di Yogyakarta dan luar Jawa produksi dan gudang merupakan unsur penting dalam koperasi tersebut, dikarenakan hasil produksi  yang berupa kerajian bambu akan dijual terus menerus dan menjadi pendapatan dari koperasi.
            Pengolahan barang produksi sampai pengelolaan dibagian gudang pada UD. Koperasi Hukum masih  menggunakan aplikasi Microsoft Office. Permasalahan yang terjadi adalah penyajian informasi yang belum terorganisasi dengan baik, masih adanya penggandaan data kurang praktis dalam pengolahan data, serta kurangnya keamanan dalam melakukan akses data karena sistem tidak mempunyai hak akses.
 Jika dilihat dari masalah tersebut, maka dibutuhkan sebuah sistem informasi terintegrasi untuk membantu pengolahan data bagian produksi dan gudang, dengan sistem tersebut diharapkan dapat membantu kinerja bagian produksi dan gudang untuk menangani proses keluar masuknya barang agar tercatat dengan baik.
1.2     Batasan Masalah
Sistem yang akan diintegrasikan pada Praktek Kerja Lapangan ini meliputi :
1.      Modul yang diolah
a.Produksi
1.    Data Harga
2.    Data Produksi
3.    Data Pesanan
4.    Data Barang Jadi
b.Gudang
1.    Data Bahan baku
2.    Data Barang masuk
3.    Data Barang keluar
4.    Data Pemasok
2.      Bahasa pengembangan yang akan digunakan di Praktek Kerja Lapangan ini adalah PHP MyAdmin dan MySQL,
3.      sistem akan berjalan pada server localhost.

1.3 Rumusan Masalah
       Berdasarkan judul dan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah yang diangkat meliputi:
1.      Bagaimana menghasilkan  sistem informasi terintegrasi antara unit produksi dengan gudang ?
2.      Apakah sistem yang dihasilkan dapat meningkatkan kinerja yang ada dibagian  produksi dan gudang ?

1.4  Tujuan Praktek Kerja Lapangan
      Tujuan  dari Praktek  Kerja  Lapangan  ini adalah :
1.      Menghasilkan sebuah sistem informasi yang dapat mengintergrasikan untuk bagian produksi dan gudang.
2.      Menghasilkan sebuah sistem yang dapat meningkatkan kinerja yang ada di unit produksi dan gudang.

1.5   Manfaat Praktek Kerja Lapangan
      Manfaat yang diharapkan sebagai berikut :
1.      Bagi Mahasiswa
Menerapkan dan mempraktikkan pemograman dan perancangan sistem informasi yang telah diproleh selama mengikuti kegiatan perkuliahan, serta menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman secara nyata untuk unit produksi dan gudang barang jadi yang berguna pada saat bekerja nanti.

2.      Bagi Perusahaan
Telah dihasilkannya sebuah sistem informasi terintegrasi untuk produksi dan gudang barang jadi yang berguna dan bermanfaat bagi UD. Koprasi Hukum.
3.      Bagi Ilmu Pengetahuan
Merupakan suatu bukti bahwa teknologi informasi dapat menangani suatu permasalahan. Dengan dibangunnya sebuah sistem informasi terintegrasi untuk unit produksi dan gudang barang jadi.
A.    Kerangka Teori
Teori-teori yang menjadi suatu kerangka berpikir dalam menyelesaikan sistem yang akan dibuat, antara lain :
1.      Sistem Informasi Terintegrasi untuk Produksi Atap Bambu
 dan Gudang
Menurut Taufiq (2013) mendefinisikan bahwa informasi adalah data-data yang diolah sehingga memiliki nilai tambah dan bermanfaat bagi pengguna.
Menurut Monk (2013) sistem terintegrasi merupakan sebuah sistem yang memungkinkan berbagi data antara suatu bagian fungsional satu ke bagian fungsional yang lain agar proses bisnis berjalan lebih efesien. Sistem terintegrasi juga sering disebut Enterprise Recource Planing (ERP). ERP adalah sistem perangkat lunak dengan basis data yang berpusat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan informasi di setiap bagian perusahaan.
Sistem merupakan sesuatu yang sangat dekat, selalu ada didalam kehidupan kita, baik kita sadari mau pun tanpa kita sadari. Kita sendiri  (manusia) bisa disebut sistem khususnya sistem manusia, lingkungan tempat kita tinggal bisa disebut sistem lingkungan, Negara tercinta ini bisa disebut sistem kenegaraan, bumi tempat tinggal juga bisa disebut sistem bumi proses belajar mengajar bisa disebut sistem belajar mengajar, kampus bisa disebut sebagai sitem universitas dan masih banyak contoh  sistem lain yang bisa kita cari di sekitar kita.
2.         Gudang
Menurut Wijaya (2013) gudang meliputi pencatatan dan pemeliharaan barang guna mempertahankan jumlah kuantitas pada suatu barang tersebut di tempat penyimpanan. Gudang di UD. Koperasi Hukum sebagai penyimpanan barang yang sudah siap untuk dikirim.
3.         Produksi
Produksi yang dalam bahasa Inggris disebut production ialah suatu kegiatan mengenai pembuatan produk baik berwujud fisik (tangible product) maupun berwujud jasa (intangible product). Pengertian diatas menjelaskan bahwa produksi adalah proses yang berkenaan dengan pengubahan (conversion) asupan (input) menjadi barang atau jasa (Sinulingga, 2009).
4.         Web
Web atau www (world wide web) adalah sebuah koneksi keterhubungan dokumen-dokumen yang disimpan di internet dan diakses menggunakan protokol (HTTP) (Supriyanto, 2007). Web merupakan jenis layanan yang paling popular dikalangan pengguna internet. Web tidak hanya berfungsi sebagai media untuk mencari informasi, tetapi web sudah banyak digunakan secara komersial oleh perusahaan maupun instansi untuk mengiklankan dan pemasaran  usaha mereka yang dapat terhubung ke internet dengan fasilitas hypertex untuk menampilkan data mengunakan teks, gambar, suara, animasi dan data multimedia yang lain, sehingga web merupakan suatu ruang internet.

5.         Database

Database adalah kumpulan data yang  mendeskripsikan aktivitas satu organisasi yang terhubung atau lebih. Database management system, atau DBMS adalah perangkat lunak yang di desain untuk membuat, memlihara dan memanfatkan kumpulan data yang besar.
6.         PHP
PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor, bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada serverside. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja. Ketika seorang pengguna internet membuka situs yang menggunakan fasilitas serverside scripting PHP, maka terlebih dahulu server yang bersangkutan akan memproses semua perintah PHP di server lalu mengirimkan hasilnya dalam format HTML ke web server pengguna internet tadi. Sehingga kode asli yang ditulis dengan PHP tidak terlihat di browser pengguna.
PHP merupakan software yang open source bebas. Jadi dapat dirubah source code  dan mendistribusikan secara bebas dan gratis. PHP juga dapat berjalan lintas platform, yaitu dapat digunakan dengan sistem operasi (windows dan linux) dan web server apapun (misalnya : PWS, IIS, Apache dll).

7.         HTML

HTML (Hyper Text Markup Language ) adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam browser web. Dokumen ini umumnya berisi informasi atau interface aplikasi di dalam internet.
8.    MySQL
MySQL adalah perangkat lunak sistem manajemen basis data (database management system / DBMS) yang banyak digunakan untuk sistem aplikasi daring (online). Bila digabungkan, MySQL dan PHP digunakan bersama-sama untuk menciptankan sebuah web yang dinamis.
B.     Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Metode Pengumpulan Data
a.       Metode Observasi
Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data, dimana peneliti mengadakan pengamatan secara langsung ke UD. Koperasi Hukum.
b.      Metode Interview
Metode ini dilakukan dengan cara menanyakan sercara langsung pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan permasalahan yang ada kepada pemimpin, petugas persedian barang maupun petugas yang mengelola pengadaan barang.
c.       Metode Kearsipan
Metode ini dapat dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari arsip-arsip perusahaan yang berhubungan dengan permasalahan yang dihadapi.
d.      Metode Kepustakaan
Metode ini dilakukan dengan cara mempelajari literatur-literatur serta referensi lain yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi.

2.      Metode Pengembangan Sistem
Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah metode waterfall. Metode waterfall adalah metode yang dalam pengerjaannya dilakukan  secara berurutan atau secara linear (Nugroho,2011). Proses metafora bertingkat/metode waterfall adalah sebagai berikut:
a.    Analisa Kebutuhan
Langkah ini merupakan analisa terhadap kebutuhan sistem. Pengumpulan data dalam tahap ini dilakukan dengan melakukan penelitian secara langsung, wawancara atau studi literatur. Sistem analis akan menggali informasi sebanyak-banyaknya dari user sehingga akan tercipta sebuah sistem komputer yang bisa melakukan tugas-tugas yang diinginkan oleh user tersebut. Tahapan ini akan menghasilkan dokumen user requirment atau bisa dikatakan sebagai data yang berhubungan dengan keinginan user dalam pembuatan sistem. Dokumen ini akan menjadi acuan sistem analis untuk menerjemahkan ke dalam bahasa program.
b.      Desain Sistem
Tahapan yang digunakan untuk mengangkan pikiran dan perancangan sistem terhadap solusi dari permasalahan yang ada dengan menggunakan perangkat pemodelan sistem seperti diagram arus data (data flow diagram), diagram hubungan entitas (entity relationship diagram) serta struktur dan bahasa data.
c.       Penulisan Kode Program
Penulisan kode program atau coding merupakan penerjemahan design dalam bahasa yang bisa dikenali oleh komputer. Dilakukan oleh programmer yang akan menerjemahkan transaksi yang diminta oleh user. Tahapan ini merupakan tahapan nyata dalam mengerjakan suatu sistem dan penggunaan komputer akan dimaksimalkan.
d.      Pengujian Program
Tahapan akhir dimana sistem yang diuji kemampuan dan keefektifannya sehingga didapatkan kekurangan dan kelemahan sistem yang kemudian dilakukan pengkajian ulang dan perbaikan terhadap aplikasi menjadi lebih baik dan sempurna.
e.       Penerapan Program dan Pemeliharaan
Perangkat lunak yang sudah disampaikan pasti akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut bisa karena mengalami kesalahan karena perangkat lunak harus menyesuaikan dengan lingkungan (pheriperal atau sistem operasi) baru, atau karena pelanggan membutuhkan perkembangan fungsional.

C.    Sistem Yang Diusulkan
1.      Skema sistem yang akan di buat
Diagram konteks adalah tingkatan tertinggi dalam diagram arus data yang memuat satu proses dan menunjukkan sistem secara keseluruhan. Pada Gambar 1. Skema yang akan dibuat terdapat input output dan 4 eksternal entitas yaitu bagian produksi,pimpinan dan Admin Bagian gudang. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada Gambar 1 dibawah ini.
                                       
Gambar 1. Skema sistem yang diusulkan


2.      Alat (tools) yang digunakan
       Dalam pembuatan sistem ini, diperlukan hardware maupun software  agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik.
Adapun alat (tools) yang digunakan yaitu :
a.       Software :
1)      Minimum  Microsoft Windows 7 sebagai sistem operasinya.
2)      Web Browser seperti Mozilla Firefox
3)      Notepad++ sebagai software penyunting kode.
4)       Minimum Server Localhost Version 5.5.30 for Windows  sebagai server local.
5)      PhpMyAdmin  Version 4.5.1 sebagai pengolah database.
b.      Hardware :
1)      Minimum  Processor Intel ® Pentium Core i3
2)      Minimum RAM 2.00 GB
3)      Minimum Hardisk 500 GB
4)      Monitor dengan resulation 1366 x 768





3.      Jadwal Praktek Kerja Lapangan
Jadwal praktek kerja lapangan di UD. Koperasi Hukum dilaksanakan  pada September – Oktober. Berikut adalah tabel pengerjaan:
Nama Kegiatan
Bulan
September
Oktober

1
2
3
4
1
2
3
4
Pengumpulan Data








Analisa Pemasalahan








Desain Perancangan sistem








Pembuatan Program








Tes dan Implentasi








Dokumentasi















Daftar Pustaka
Aji Supriyanto.2007.Web dengan HTML dan XML. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Bowersox, Donald J. 1978. Manajemen Logistik: Integrasi Sistem-Sistem Manajemen Distribusi Fisik dan Manajemen Material (terjemahan Drs. A. Hasymi Ali). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara Taufiq, Rohmat. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Madcoms.2011.“Aplikasi Web Database Dengan Dreamweaver Dan Php-Mysql”. Yogyakarta: Andi Offset

Madcoms.2011.”Dreamweaver Css5 Php - Mysql Untuk Pemula”. Yogyakarta:Adi Offset

Monk, E. F. 2013. Concepts in Enterprise Resource Planning. Boston: Course Technology.

Nugoho, Bunafit. 2005. Database Relasional dengan MySQL. Edisi I 2005. Yogyakarta : Andi Offset

Sidik, Betha; Nusni I. Pohan. 2014. “Pemrogramn Web Dengan Html”. Bandung : Informatika Bandung

Sinulingga. 2009. Perencanaan & Pengendalian Produksi,Yogyakarta. Penerbit: Graha Ilmu
Wijaya, Andy; Muhammad Arifin Dan Tony Soebijo. 2013. “Sistem Informasi Perencanaan Persediaan Barang”. Surabaya : STIKOM Surabaya.



Comments

Popular posts from this blog

MENULIS AKSARA JAWA KE WORD

MENULIS AKSARA JAWA DENGAN KOMPUTER   Kalau pada posting yang lalu kita belajar  MENULIS FONT PUTUS - PUTUS DENGAN KOMPUTER , untuk kali ini  PRAHMACELLCOM  berbagi tips MENULIS AKSARA JAWA DENGAN KOMPUTER. Sebagai generasa penerus bangsa yang cinta akan tanah airnya, tentunya kita harus melestarikan kebudayaan daerah kita masing - masing. Sebagai orang yang lahir di tanah jawa, kita harus bisa untuk mempertahankan budaya tanah kelahiran (nguri uri kabudayan), salah satunya bisa menulis dan membaca aksara jawa ini. Baik langsung saja download font aksara jawa  DISINI . Setelah di download extract maka akan ada folder dengan 2 file font yaitu : HANAN dan MODIF HANAN aksara jawa asli MODIF adalah huruf biasa yang dirubah seperti aksara jawa Copy ke dua file tersebut di C : Windows/Fonts ( paste disini ) Cara penulisannya : Misal di Word, Tinggal rubah saja jenis font, untuk aksara jawa pilih font HANACARAKA sedang untuk huru...

Makalah Tentang IPV6

MAKALAH IPV6 Disusun oleh: Yanu Puguh Pamungkas (14240002) MANAJEMEN INFORMATIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA 2015 KATA PENGANTAR Segala puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena atas rahmat-Nya Makalah dengan judul “ IPV6 ” ini dapat terselesaikan.  Dengan terselesaikannya makalah ini, diharapkan pelaksanaan mata kuliah Jaringan Komputer di Program Studi Management informatika dapat berjalan semakin baik dan memberikan kemudahan kepada mahasiswa dalam rangka memahami teori dan pengetahuan yang diterima di perkuliahan. Demikian pula, dengan terselesaikannya makalah ini agar dapat memudahkan seluruh civitas akademik (Dosen, Mahasiswa dan Staf  Pendukung) dalam menyelenggarakan dan melaksanakan Mata Kuliah Jaringan Komputer. Ucapan terimakasih kami tujukan kepada semua pihak yang baik secara langsung maupun tidak langsung telah terlibat dalam penyelesaian makalah ini. Kami berharap makalah i...

MENEJEMEN INFORMATIKA

Pewarisan, Polimorfisme, dan Interface 1.               Pewarisan Dalam   Java,   semua   class,   termasuk   class   yang   membangun   Java   API,   adalah   subclasses dari superclass Object. Contoh hirarki class diperlihatkan di bawah ini.   Beberapa   class   di   atas   class   utama   dalam   hirarki   class   dikenal   sebagai   superclass. Sementara   beberapa   class   di   bawah   class   pokok   dalam   hirarki   class   dikenal   sebagai subclass dari class tersebut. Pewarisan   adalah   keuntungan   besar   dalam   pemrograman   berbasis   object   karena   suatu sifat atau method didefinisikan dalam superclass, sifat ini secara...